Selasa, 17 Desember 2013

, ,

Array pada C#

      Array merupakan struktur data yang sangat penting dalam bahasa pemrograman C#. Sebuah Array terdiri atas beberapa nilai dengan tipe data yang sama. Jumlah anggota dalam sebuah array ditentukan saat deklarasi variabel array. Dalam mengakses setiap anggota array, kita dapat menggunakan nomor indeks yang berfungsi sebagai penunjuk posisi elemen array. 
        Dengan array kita dapat membuat sebuah variabel yang dapat menyimpan banyak data dengan hanya satu nama. Namum array harus menyimpan data dengan tipe data yang sama, misal kita membuat array dengan tipe data integer maka, array hanya dapat menyimpan nilai dengan tipe data integer saja.
  • Deklarasi Array
Array merupakan bagian tipe data yang bersifat referensi, dimana setiap variabel akan mereferensi (menunjuk) ke nilai tertentu. Contoh :

 int [] nilai_siswa;
 String [] nama_siswa;
 float [] harga_barang;
 inisialisasi Array
Setelah mendeklarasikan sebuah array dengan cara diatas kita harus memberikan nilai awal (inisialisasi array dengan menetukan jumlah anggotanya. Ada dua cara umum untuk melakukan inisialisasi array, yaitu :
=> Menggunakan operator new 
=> Langsung memberikan nilai awal
  • Operator new
Operator new digunakan untuk memebrikan inisialisasi sebuah variabel bertipe referensi. Untuk lebih detailnya kita dapat melihat format penggunaan operator new dalam inisialisasi variabel array berikut 

<variabel>=new <tipedata>[jumlah_element];

Contoh :
nilai_siswa=new int[10];
nama_siswa = new string [150];
harga = new float [15];

Pada inisialisasi diatas memperlihatkan bahwa variabel nilai_siswa berjumlah 10 elemen, nama_siswa berjumlah 150 elemen, sedangkan variabel harga berjumlah 15 elemen. Untuk mengakses setiap elemen dalam array, anda dapat menggunakan nomor indeks sebagai penunjuk. Setiap variabel array dimulai dengan nomor indeks nol (0) dan indeks terakhir adalah jumlah elemen kurang satu. Berikut adalah contoh program untuk array.

Contoh Program 

Program disamping menampilkan nilai array yang berasal dari inputan user, dan banyaknya data yang tersimpan didalam array itu tergantung dengan berapa kali perulangan yang dilakukan untuk menginput data kedalam array, dalam kasus disamping jumlah dari array sudah ditentukan sebanyak 10 kali. 

Langsung lihat outputnya aja...





Pada baris 1 sampai dengan 10, itu adalah inputan dari user yang kemudian disimpan di dalam array.
sedangkan dibawahnya itu adalah hasil dari pemanggilan array yang sudah diinput tadi.





Pada program diatas kita mendeklarasikan sebuah array dengan tipe data integer, yang dapat memuat data sebanyak 10 buah. Selanjutnya kita membuat sebuah perulangan yang digunakan untuk menyimpan data kedalam array, dengan sintaks nilai_siswa[i]=int.parse(Console.In.ReadLine());. Selanjutnya kita membuat perulangan lagi yang berfungsi untuk menampilkan nilai ke layar.
  • Bekerja Dengan Array Multidimensi
Selain membuat array satu dimensi, kita juga dapat membuat array multidimensi. Array multidimensi adalah array yang terdiri dari kolom dan baris, dimana kolom dan baris tersebut memiliki sebuah nilai tertentu. Sama halnya dengan array satu dimensi, array multidimensi hanya dapat menyimpan nilai dengan tipe data yang sama. Contoh deklarasi array multidimensi

int [,] nilai_siswa;
nilai_siswa=new int[2,2];

pada deklarasi diatas kita membuat array multidimensi 2 X 2, jadi data yang dapat disimpan kedalam array nilai siswa sebanyak 2 baris dan 2 kolom. Untuk lebih detailnya dapat dilihat pada program dibawah ini

Contoh Program

Koding Program untuk Array Multidimensi











Output dari koding program diatas..






  • Method Pada Array

Pada C# terdapat berbagai method (fungsi )yang memudahkan dalam memanipulasi sebuah array. Dengan method-method tersebut kita dapat memanipulasi sebuah nilai array dengan mudah. Ada beberapa method yang dapat digunakan diantaranya adalah : length, sort,
  • Length (Mengetahui Panjang Array)

Length adalah sebuah method (fungsi ) yang dapat digunakan untuk mengetahui panjang dari sebuah array. Length juga dapat digunakan untuk batas termininasi dari perulangan, jadi didalam program kita tidak perlu menentukan batas atas dari sebuah perulangan. Contoh penggunaan length dapat dilihat pada program dibawah ini :

Contoh Program

                                          Koding Program                                         Output

Pada program diatas kita mendeklarasikan sebuah array dengan panjang 10 buah, sehingga dapat menyimpan array sebanyak 10 buah dengan indeks 0-9. Selanjutnya kita membuat kode Console.writeline(nilai_siswa.Length.ToString()); kode ini berfungsi untuk menampilkan panjang array. Sehingga 10 akan tampil ke layar.
  • Mengurutkan Array (Sort)

Sort adalah fungsi untuk mengurutkan nilai array, biasanya digunakan untuk mengurutkan data yang bernilai bilangan bulat atau integer. Kode yang digunakan untuk mengurutkan array adalah sebagai berikut : Array.sort (nama_array). Untuk lebih detailnya dapat dilihat pada program dibawah ini :

Contoh Program


Koding Program untuk mengurutkan nilai dalam array.













Output dari Program diatas yang menampilkan nilai array secara berurutan berdasarkan nilai terkecil ke nilai terbesar.





Pada kode diatas kita mendeklarasikan array dengan panjang 10 buah. Selanjutnya kita membuat perulangan yang berfungsi untuk menerima inputan dari user. Setelah itu kita menggunakan fungsi Array.Sort(nilai_siswa) sehingga data dari inputan user akan diurutkan dahulu dari terkecil hingga terbesar. Selanjutnya kita menggunakan perulangan untuk menampilkan hasil array yang telah diurutkan.

Kesimpulan
  • Array adalah sebuah struktur data yang bertipe referensi, array dapat menyimpan data dengan satu nama namun hanya dengan satu tipe data
  • Array multidimensi adalah array yang terdiri dari baris dan kolom.
  • Terdapat beberapa method yang dapat digunakan untuk memanipulasi array diantaranya adalah length dan sort.

  • Evaluasi
Buatlah program yang menerima inputan array nilai_mahasiswa dan mengurutkan nya dari yang terbesar :

Koding Program :

Output Program



..:: Terima Kasih ::..

Download Program Array Disini

0 komentar:

Posting Komentar