A. Pengertian Tipe Data
Tipe data biasanya digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel. Apabila kita membutuhkan tipe data yang belum tersedia, kita dapat mendefinisikan sendiri tipe data baru yang disebut enumerated type. Tipe data juga merupakan jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori komputer). Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi. Ada banyak tipe data yang tersedia, tergantung jenis bahasa pemrograman yang dipakai.
B. Macam - Macam Tipe Data
1. Tipe Data Sederhana
Merupakan tipe data dasar yang sering digunakan programmer.
Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan. Misalkan untuk suatu perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai maksimumnya 32767 kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer (2 byte), daripada sebagai longint(4 byte). Didalam kompilernya, Pascal menyediakan konstanta untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt, pemrogram bisa menggunakannya didalam programnya tanpa harus terlebih dahulu mendefinisikannya. Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112.
=> Penggolongan Tipe Data Integer
Tipe data | Ukuran | Tempat Rentang Nilai |
---|---|---|
Byte | 1 Byte | 0 s/d +255 |
Shortint | 1 Byte | -28 s/d +127 |
Integer | 2 Byte | -32768 s/d 32767 |
Word | 2 Byte | 0 s/d 65535 |
Longint | 4 Byte | 2147483648 s/d 2147483647 |
- Real ( Bilangan Pecahan )
Bilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific . Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.
=> Penggolongan Tipe Data Real
Tipe data | Ukuran | Tempat Rentang Nilai |
---|---|---|
Real | 6 Byte | 2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038 |
Single | 4 Byte | 2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038 |
Double | 8 Byte | 5.0 x 10-324 s/d 1.7 x10308 |
Extended | 10 Byte | 3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x104932 |
Comp | 8 Byte | 3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x104932 |
macam yang terdapat dalam tabel ASCII (American Standard Code for Information Interchange).
- Bolean ( Logika )
Merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Turbo Pascal for Windows memiliki tiga macam jenis ini yaitu: Boolean,WordBool, dan LongBool. Tipe Boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WordBool dan LongBool dipakai untuk menulis program yang sesuai dengan lingkungan Windows.
=> Penggolongan tipe data bolean
Tipe data | Ukuran Tempat |
---|---|
Boolean | 1 Byte |
WordBool | 2 Byte |
LonggBool | 3 Byte |
2. Tipe Data Terstruktur
Tipe ini terdiri atas : array, record, set, dan file.
String adalah tipe data jenis array, tetapi karena string memiliki kekhasan tersendiri sebagai array dari karakter maka penulis perlu memberikan penjelasan tersendiri. Sedangkan untuk array, record, dan file perlu dijelaskan dalam bab yang lain karena agak banyak hal-hal yang perlu dibahas, seperti :
- Tipe Data String
Merupakan suatu data yang menyimpan array (larik),sebagai contoh: 'ABCDEF' merupakan sebuah konstanta string yang berisikan 6 byte karakter.Ukuran Tempat untuk tipe data ini adalah 2 s/d 256byte, dengan jumlah elemen 1 s/d 255. String dideklarasikan dengan string [ konstanta ] atau string. Bila ukuran string tidak didefinisikan maka akan banyak memakan ruang, karena ukuran string menyesuaikan dengan defaultnya.
- Array
- Record
Sebuah record rekaman disusun oleh beberapa field. Tiap field berisi data dari tipe dasar /bentukan tertentu. Record mempunyai kelebihan untuk menyimpan suatu sekumpulan elemen data yang berbeda-beda tipenya (dibanding array).
C. Pengertian Variabel
Variabel dapat didefinisikan sebagai tempat untuk menyimpan data yang memiliki suatu Tipe data, variabel ini akan diwakili oleh suatu lokasi di memori komputer kita. Dengan menggunakan nama variabel ini kita akan dapat mengakses data yang tersimpan di memori tersebut.
Penamaan Variabel
Aturan dalam pembuatan variable adalah sebagai berikut :
- Terdiri dari huruf, angka dan under score (_)
- Nama harus diawali dengan huruf. Under score juga dapat digunakan untuk mengawali nama suatu variabel tetapi ini tidak disarankan.
- C# adalah bahasa yang case sensitif, variabel dengan nama umur tidak sama dengan Umur.
- Keyword tidak bisa digunakan sebagai nama variabel, kecuali kalau keyword ini diawali dengan karakter @.
Ada 3 cara dalam mendeklarasikan/penulisan Variabel adalah sebagai berikut
1. TypeData Nama_variabel;
Contoh :
string nama_barang;
int jumlah;
nama_barang=”Buku”;
jumlah=2;
2. TypeData Nama_variabel=initial_value
Initial_value dalah nilai awal yang diberikan terhadap variable tersebut ketika variable tersebut pertama kali dibaca
Contoh :
string nama_barang=”Buku”;
int jumlah=2;
3. TypeData Nama_variabel1, Nama_variabel2, Nama_variabel2;
Apabila ada beberapa variable yang mememiliki tipe data yang sama maka dapat ditulis sebagai berikut :
string kode_barang,nama_barang;
D. Operator Aritmatika
Operator yang digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian atau operator yg digunakan untuk melakukan perhitungan pada bilangan.
Contoh Penggunaan Operator
=> Menggunakan operator arithmetic dasar :
Operator Aksi Contoh Penejelasan
+ Penjumlahan 5 + 9 Menghasilkan nilai : 14
- Pengurangan 9 – 4 Menghasilkan nilai : 5
* Perkalian 5 * 6 Menghasilkan nilai : 30
/ Pembagian 20 / 4 Menghasilkan nilai : 5
% Modulus 9 % 4 Menghasilkan nilai : 1
=> Beberapa operator perbandingan yang lain adalah sebagai berikut :
Operator Arti Contoh Menghasilkan benar (true) ketika :
== Sama dengan $i == $j $i dan $j mempunyai nilai yang sama
< Kurang dari $i < $j $i kurang dari $j
> Lebih dari $i > $j $i lebih dari $j
<= Kurang dari atau sama dengan $i <= $j $i kurang dari atau sama dengan $j
>= Lebih dari atau sama dengan $i >= $j $i lebih dari atau sama dengan $j
!= Tidak sama dengan $i != $j $i tidak sama dengan $j
<> Tidak sama dengan $i <> $j $i tidak sama dengan $j
E. Contoh Program
E. Contoh Program
Bagian deklarasi tipe data dan nama variabel
>> Tipe Data : int , string , double
>> Variabel : nilai1, nilai2, a1 , a2, sisa, bagi,tambah, kurang, bagi
Bagian yang membaca inputan dari user
>> a1 : variabel yang menyimpan inputan dari user
>> nilai1 : variabel yang menyimpan inputan dari user tetapi sudah diubah kedalam tipe data integer.
Bagian yang melakukan aritmarika operator
>> sisa, bagi, tambah, kurang, kali : merupakan variabel yang menyimpan nilai hasil dari aritmatika nilai1 dan nilai2.
Bagian untuk mencetak nilai yang ada pada variabel yang sesudah melakukan aritmatika
Bagian yang melakukan sebuah kondisi pada boolean.
>> bool : pendeklarasian tipe data boolean
>> kondisi1, kondisi2, kondisi3 : variabel
>> variabel tersebut akan dibandingkan dengan variabel lagi menggunakan beberapa operator, bedah nya kalau tipe data boolean hanya menyimpan true / false. jika hasil dari aritmatia itu benar maka yang dicetak ada true, begitu sebaliknya.
>> Tipe Data : int , string , double
>> Variabel : nilai1, nilai2, a1 , a2, sisa, bagi,tambah, kurang, bagi
Bagian yang membaca inputan dari user
>> a1 : variabel yang menyimpan inputan dari user
>> nilai1 : variabel yang menyimpan inputan dari user tetapi sudah diubah kedalam tipe data integer.
Bagian yang melakukan aritmarika operator
>> sisa, bagi, tambah, kurang, kali : merupakan variabel yang menyimpan nilai hasil dari aritmatika nilai1 dan nilai2.
Bagian untuk mencetak nilai yang ada pada variabel yang sesudah melakukan aritmatika
Bagian yang melakukan sebuah kondisi pada boolean.
>> bool : pendeklarasian tipe data boolean
>> kondisi1, kondisi2, kondisi3 : variabel
>> variabel tersebut akan dibandingkan dengan variabel lagi menggunakan beberapa operator, bedah nya kalau tipe data boolean hanya menyimpan true / false. jika hasil dari aritmatia itu benar maka yang dicetak ada true, begitu sebaliknya.
( Tampilan Keseluruhan Koding )
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus